Kamis, 31 Desember 2009

"Bung Karno Orator, Gus Dur Operator"

Selain sebagai sosok yang kharismatik, Gus Dur juga sebagai tokoh yang kerap bercanda.

Ismoko Widjaya

Abdurrahman Wahid (Antara/ Ujang Zaelani)

VIVAnews - Pembaca VIVAnews menilai almarhum mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur bisa disandingkan dengan mantan Presiden Soekarno atau Bung Karno. Terutama dalam hal pencanangan semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika.

"Bung Karno sebagai orator Bhinneka Tunggal Ika, dan Gus Dur sebagai Operatornya. Selamat Kembali ke Pelukan ALLAH SWT, wahai Sahabat dan Sang Guru Bangsa !!!," kata Yan Santank dalam 'Komentar' di VIVAnews.

Selain sebagai sosok yang kharismatik, Gus Dur juga sebagai tokoh besar yang kerap bercanda dan membuat suasana lebih cair. "Sosok yg kukagumi krn ceplas-ceplos dan tokoh bagi minoritas..We love you GUS DUR," kata Evie Siregar.

Gus Dur juga dikagumi karena pemikiran dan ide-idenya yang dinilai sangat bermanfaat. "Turut berduka cita atas meninggalnya KH Abdurrahman Wahid...seorang tokoh yang mempunyai pengetahuan di masa sekarang dan dimasa yg akan datang," kata muhammad rafi'ul kamil.

Kepergian Gus Dur sendiri dianggap terlalu cepat. Guru bangsa itu dinilai masih sangat dibutuhkan demi kemajuan Indonesia.

"Ya Allah knP kW AmbiL GUS DUR dari bNGsa ini??? bangsa ini msih Btuh dy,,, tp engKW maha adiL&maha sgala2nya trimalah dy d si2Mu ya Allah. Brikan tMpt yg Trbaik&trindah BWatnya ya Allah. Amin," tulis mas vie.

Kharismatik, pluralisme, dan pembela golongan yang terkecil sekalipun. Itulah Gus Dur. "GUS DUR ............ PEMBELA MINORITAS......... SEMOGA AMAL IBADAHNYA DITERIMA DI SISI NYA............ I LOVE U FULL GUS DUR," kesan Arief Riady.

Yang paling diingat dari Gus Dur adalah kata-kata 'Gitu saja kok repot!.' "Teringat : "Gitu aja koQ susah" Budayawan yang jadi Negarawan yang jadi Imam yang pastinya Agamawan. Selamat jalan... Innalillahi wainaillaihi roji'un Moga diterima disisinya. Amin," jelas guntardi iGun sasmito

Bagi Fidelius Sugeng Widodo, Gus Dur adalah pahlawan. "Selamat jalan "PAHLAWAN DEMOKRASI INDONESIA" semoga arwahmu diterima disisi-Nya....Jasamu akan kami kenang selamanya," ujar Fidelius.


ismoko.widjaya@vivanews.com
• VIVAnews
Postingan Terkait Lainnya :


0 komentar:

Posting Komentar

 

Kategori

Site Info

Blog ini dalam masa perbaikan